26 August 2010

college 1st day: ga bakal lupa..

mengenang hari pertama masuk kuliah, senin, 16 agustus 2010.
  
pagi itu, gw siap2 berangkat kuliah dengan bahagia. bangun jam 5, beres2, berangkat jam 6. entah knapa rasanya seneng banget, akhirnya bs lepas dr lingkaran setan bernama "liburan" yang membawa gw muter2 dari siklus bangun-mandi-makan-OL-tidur-bangun lagi-dsb. kebahagiaan gw berakumulasi, scara nyokap tau2 berbaik hati mw nganterin gw kuliah pagi2. yaay~



di dalam mobil, ga sabaran nunggu bbrapa puluh menit sebelum nyampe di untar, gw baca lg tabel jadwal kuliah hari ini:

Senin:
* 7.10 - 9.30 : PIH / A / M407
* 9.31 - 2.49 : KOSONG T^T
* 2.50 - 4.30 : KWN / T / A1301

turun mobil, jalan ke kampus, nemuin si rani yang uda janjian ktmu di dpan gdung m, ngobrol2, diskusiin jadwal, nungguin grace, ga sabaran, jam ud mepet, grace masi berleha2 di suatu tempat di grogol, kabur, naik lift, nyampe lantai 4, dan kt berdua bengong..

pasalnya, walau kt sm2 sejurusan n seangkatan, gw kelas a, grace kelas b, dan rani kelas c.. 
dan matilah gw begitu sadar klo kawan2 baru yg gw kenali muka n namanya pas "ospek" tgl 9 kemaren itu..kalo ga ank klas b, ank klas c. semuanya. sesama kelas a, satupun, ga ada yg familiar.. 
  
oh, ngga jg deh. gw cm tau ada ank yg NIMnya ekornya 004. yosafat yh namanya. harusnya dy sekelas sm gw. mukanya gw inget. tp ga taulah dy masi inget gw ato kaga.. 


dengan langkah gontai, gw memasuki ruang M407..


ternyata di sana udah lumayan rame, klo diitung isinya ud hampir 30an org lah.. dosen blm datang, artinya gw masih dalam tahap aman. dengan penuh perhitungan dan kalkulasi luar biasa, gw memutuskan utk duduk di bangku kosong di baris ketiga, sebelah kiri.
di baris itu udah ada 2 ce. gw duduk d paling kiri, n dengan spontan ngajak ngobrol ank sblah gw. yep, namanya riski, dan yang di sebelahnya lg namanya lusi. sama2 ank baru, sama2 baru kenal, sama2 clueless.


dan ketika ngobrol itulah, gw mendengar statement yang cukup aneh dari si riski:
"...btw, yang anak baru cuma 3 orang loh.."

gw: "hah? masa iya?? ank baru dsini cm kt ber3? aaah, ga mungkin lah..."
riski: "yah gw jg ga gt tau c.. tp katanya sih gitu.. gw jg baru tau.."


firasat memburuk. masalahnya, ga mungkin lah gw sejenius ini.. emang c gw diterima beasiswa, nilai gw katakanlah memenuhi standar, tapi ga mungkin gara2 itu sampe2 gw dmasukin ke kelas super vip yang memungkinkan anak baru belajar smua yg susah2 bareng2 senior.. 

dan gw mulai ngintip anak2 yang lain. bener juga, ada yang janggal. ga ank yg depan gw, yang di baris blakang gw n yang di pojokan sana, smua pada megang 1 lembar kertas yg dilipet2 gt.. setelah ngintip lebih lanjut, itu kertas isinya tabel2 gt, dan judulnya...klo ga salah ada tulisan "KRRS" ato apalah itu..

dan gw bingung. setau gw, jadwal kt kan emang ud diatur, ntar semester 2 keatas baru rebutan sks via KRRS online.. ah, tp apa peraturannya diganti pas gw ga liat yah? gw kan bnr2 ga ad koneksi sm senpai2 dsini.. ato jangan2 jadwal gw ada di internet skarang n gw dengan begonya ga tau msti diprint? apa ntar dosennya bakal mintain gw nunjukin kertas itu sm dy, n klo ga bawa bakal diusir keluar? jadi, apakah gw bego sendiri??
   
gw mw nnyain ini ke riski n lusi, tp berhub gengsi masih tersisa *err* n tuntutan utk "terlihat profesional di segala tempat dan situasi" azas apaan ini, gw memutuskan utk diam dulu n mengamati keadaan lebih lanjut.. 


setelah berspekulasi dengan otak sebentar, n mastiin klo ini bener2 ruang M407 sesuai jadwal yg di-print dr biro adak, si dosen masuk kelas.
dan dimulailah kuliah akbar tahun ini..

"selamat pagi."
"pagi buuuu..."
"kalian pasti sudah ada yang tau siapa saya, bla3... sistem kelas saya adalah bla3..... saya tidak mau ada bla3 di kelas saya, bla3..." 
"............."
"nah, sekarang saya mau tanya. di kelas ini, apakah ada mahasiswa yang mengulang?"
"(beberapa ank angkat tangan)"
"kalian harus berusaha lebih keras lagi di kelas saya... agar tidak mengulang lagi pelajaran yang bla3..."


gw: "........riski..emangnya kita pernah ngulang apaan?"
riski: "kaga tau deh..udalah, iya2in aja.."
gw: "wokeh.." 


dan si ibu dosen lanjut kotbah.
"seperti yang kalian tahu... hari ini kita semua di sini untuk mempelajari HUKUM AGRARIA..."
 

gw: ".......riski...ini agraria, ato PIH?"
riski: ".......................(nganga, no comment)"


kembali gw diam, ngangguk2 aja, sambil mikir n keep wondering, wadehel is hepening hir....=="


si ibu, masih ngoceh.
"sekarang, saya akan mulai mengabsen kalian satu persatu..."

"nah, ini dia..", pikir gw. ini dia yang bakal mastiin bener2 gw semestinya ada disini ato ngga.. entah kk2 senior ini semuanya salah kelas massal, si ibu yang salah masuk kelas, ato dy mengakui gw sebagai murid super yg bs dengan hebohnya loncat kelas di hari pertama kuliah, sebodolah. asal nama gw dipanggil, gw aman.

s ibu mulai mengabsen..
"xxxxxx?"
"(angkat tangan)"
"yyyyyy?"
"(angkat tangan)"
"oh iya.. saya tau kamu, kamu pernah saya lihat di kelas2 saya sebelumnya.. oke.. zzzzzz?"
"(angkat tangan)"


sesi angkat-mengangkat tangan masih berlanjut, sampai gw menyadari kesalahan yang fatal..

"lius wiranata?"
"(angkat tangan)"


tiba2 serasa ada guntur menggelegar di kepala gw. yeah. nama itu familiar. SANGAT familiar.. gw pernah liat itu nama di buku merah yg dkasi pas "ospek"2an kmaren2, ada pengurus entah di bem ato di dpm yang namanya ada embel2 lius-nya...*aslinya gw inget itu gr2 ada seorang "lius" lain yg gorjes di hidup gw: lius l. inez d. (berdasarkan nametag jaman sma)* . pengurus pastilah senior. dan ga mungkin gw bs sekelas sm senior. di kelas yang isinya ada anak2 yg gagal n ngulang. di pelajaran agraria. sm dosen yang pede jaya ngaku2 seisi kelas uda kenal dy.

dan gw melirik makhluk yg angkat tangan itu. bener aj, dy itu yang kmaren2 berkoar2 di podium pas acara speech dr pengurus2 ormas fh... 


nah loh.  
ini jelas2 ga bener.


spontan gw berdiri, gebrak meja (?), ambil map gw n berjalan dengan pasti ke meja dosen.
"permisi bu.."
"ya, ada apa?"
"maaf bu.. ini ruang kelas M407, utk mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum?"
"bukan, ini kelas agraria."
"hah? tapi di jadwal saya (nunjukin kertas jadwal), ruangannya di M407?"
"(nunjukin cover map absen) ini kelas saya.. bisa dilihat di sini, ini nama dosen, saya, ruang kelas M407, untuk pelajaran agraria.."
"loh, lalu yang PIH itu kemana bu?"
"nah, coba kamu ke papan pengumuman di depan lift, kalau tidak salah ada pengumumannya disana.."

oh. pantesan tadi pas turun lift, banyak yg bergerombol dpan papan pengumuman.


dan gw menghadap kepada 2 teman baru gw yang malang, disaksikan seluruh kelas (ga semuanya c..)
"kawan2. marilah kita menjinjing tas kita. kita salah kelas."

*langsung kabur ke luar kelas segera setelah mengeluarkan kata "permisi bu"*


syukurlah di luar sana tau2 ktmu sm...siapa itu? ko eric? ko evan? dua2nya? ga taulah, intinya ktmu mentor gw, ktua bem, lupa namanya siapa.. n dy ngasitau klo di papan pengumuman dpan lift itu, ada pengumuman yg bilang klo PIH di M407 dipindah kelasnya ke M401...



pelajaran hari itu:
1. selalu cek papan pengumuman, kt ga tau kapan mreka pasang pengumuman baru.
2. pede jaya aja klo mw nanya apa2 ke dosen. malu bertanya, salah masuk kelas.
3. selalu ingat nama2 senior anda. nama keramat mereka bisa menyelamatkan anda. somehow. TwT 

dan hari2pun berlanjut, seperti biasa.....



kamis, 19 agustus 2010. kelas PHI, jam 9.20, ruang M403.

ini kelas PHI pertama utk gw, dan utk seisi kelas a. entah dosennya bakal ky apa, tugas bakal ky gmana, pelajarannya bakal se-hectic apa, intinya gw dan riski yg ud jd temen bae sejak itu, duduk di bangku tengah baris paling depan..

dan sang dosenpun datang. 

"selamat siang."
"siang buuuuuuu..."
"nama saya bu adi. saya mengajar kelas pengantar hukum indonesia, walaupun saya juga mengajar mata kuliah lain ke kakak2 kelas kalian..bla3...."

dan sekilas, gw merasakan aura nostalgia.

gw: "...riski......ini..dosen yang waktu itu...kan?"
riski: "heeh,cel...heeh..."
gw + riski: "............................."


"oh ya, saya tidak suka kalau ada yang telat di kelas saya. masalahnya, kalau kalian terlambat, ketika kalian buka pintu, perhatian teman2 kalian yang tadinya ke saya jadi teralihkan. ini untuk kepentingan bersama...bla3...."


(sekelas) "iya buuuu..." 


".....jadi, saya ini ibaratnya seperti macan tidur. kalau tidak diganggu, ya nggak apa2. tapi kalau diganggu sedikiiiiiiiit saja.......(tatapan tajam)"




....oh Tuhan. sepertinya hari2 kuliah gw bakal menyenangkan... 

4 comments:

  1. why do you have to state my full name there, dear? =.=

    ReplyDelete
  2. because sth gorgeous HAS to be stated in its completed form.. -w-

    ....stlah dpkir2, mari kt edit n sensor sedikit lg..

    ReplyDelete
  3. hahahahah,,,,,parah chelle,,,lu bneran hri ptama slah klas n gag cek papan pgumuman???/akaakak,,pnglaman yang gag akan trlupakan :P

    ReplyDelete
  4. iy din..takkan terlupakan..ktmunya lgsg sm bu adi pula..*glekh*

    ReplyDelete