23 March 2010

percakapan dengan seorang teman


kmaren2, gw smpt smsan sm sesama hewan yg ud jd sahabat gw sejak smp tp skarang di sma yg beda. sebut saja unta. kt lg ngomongin acara blajar bareng bwt uan, sampe suatu kali dy nanya, kira2 bginilah bunyinya:
"eh, jadinya nanti lu kuliah apa?"
dan gw bilang ke dy, klo gw kmungkinan besar ambil ui jurusan hukum, di singapur jurusan management, ekonomi, bla3..
dan dy bilang:
"loh, bukannya lu pengennya kuliah ambil jurusan x yh? gw ga ngerti maksud lu.. haha.."
dan pada saat itu juga, terbukalah luka lama..



alkisah, ktika gw masih esde, gw diperkenalkan om gw sm suatu benda yg kelak mengubah tujuan hidup gw.. sbaiknya ga gw sebut utk menjaga privasi. yh, intinya, gw begitu terobsesinya sm benda itu, sampe gw plajari scara mendalam, otodidak. dari klas 3 esde, gw uda pegang obeng. beda sm ank2 klas 4 esde yg stres mikirin ulangan mat, gw malah lbi pusingin gmana caranya ngbetulin tv plasma, komputer jaman jebot sampe gmana caranya gunting sambung kabel spoiler alert..
sampe suatu hari, ada kk klas yg bilang klo apa yg gw pelajari itu bakal diperdalam pas gw kuliah, n jurusannya beneran ada.. jurusan x, katanya. kata org2, jurusan yg mw gw ambil itu jurusan netral.. ga pake akuntansi, ga pake biologi, jelas2 si x ini ilmu independen yg ga ada hubungannya sm ipa/ips, jadi gw masuk apapun sbnrnya ga masalah.. tp entah mngapa depdiknas dgn nyolotnya ngijinin univ2 ngasi syarat ipa bwt jurusan x.. blom lg slalu ad yg bingung n bilang "eh? mw masuk jurusan x? bagus c, kamu jg ada bakat.. tp yakin? anak ce mana cocok?".. tp gpp, nilai2 gw bagus, utk plajaran itu nilainya hampir selalu smpurna, nyokap ga masalah, tmn2 setuju n guru bidang studipun sangat mendukung..

dan sejak hari ptama gw didepak ke jurusan sos ai heit yu fisika TTwTT, smua yg gw n relasi harapkan, bahkan dari jaman gw esde, hancur ga bersisa.
kacau kan?
makanya di someday list gw ada yg tulisannya "ngehapus sistem ipa/ips". 

karena gw menemukan kmampuan gw yg baru di bidang yg nyerempet2 advokasi *klo masih bsa dblg kemampuan*, gw mengganti target kuliah gw dengan SANGAT berat hati, dan luka lama itu berhasil gw tutup dlm jangka waktu yg cukup lama.. tp siapa sangka percakapan singkat serupa di atas mampu membukanya kmbali? yh, gw ga sedih sm kputusan gw skarang, scara smuany ud terlanjur terjadi.. tapi yang gw sesali adalah: tmen bae gw sndiri masi pcaya klo dgn kondisi gw yg skarang, gw masi pegang impian gw utk masuk jurusan x n hidup bahagia, tapi gwnya sndiri, knapa kliatannya ky ud nyerah? knapa tiba2 ada opsi jurusan lain klo dari semula targetnya emang cuma 1?


dan tiba2, gw jd keinget cerita yg pernah gw dgr di radio, ktnya:

suatu hari, seorang profesor ekonomi datang utk mengajar. hari ini kita adakan tes, katanya. tes itu dibagi 3 bagian: bagian pertama berisi soal2 yg paling sulit untuk dijawab dengan nilai maksimum 50, bagian kedua berisi soal2 yg tergolong normal dan tidak begitu sulit dijawab dengan nilai maksimum 40, dan bagian ketiga berisi soal2 yang sangat simpel, basic dan sangat mudah dijawab, tapi nilai maksimumnya hanya 30. siswa diwajibkan memilih satu saja dari 3 bagian soal itu utk dikerjakan..
soal dibagikan, jawaban dikumpulkan, dan diperiksa satu2 oleh sang profesor..
ketika hasil tes dibagikan, betapa kagetnya para mahasiswa setelah melihat nilai2 yang diberikan. siswa yang memilih mengerjakan bagian pertama semuanya mendapat nilai A, bagian kedua mendapat nilai B, dan bagian ketiga nilai C, walau pertanyaan2nya amat sangat mudah dan dapat dijawab seluruhnya dengan benar..
banyak yang bertanya2, tapi profesor itu tersenyum, lalu menjawab:
"sesungguhnya, saya hanya ingin melihat seberapa besar tujuan yang ingin kalian capai."


gw sangat inget kata2 penyiarnya setelah cerita ini selesai dibaca.. yah, intinya, jangan pernah menyerah utk apapun yg mau kita capai.. entah seberat apapun resikonya, sesulit apapun jalannya, jangan pernah takut utk memiliki impian yang besar..
mungkin dalam kasus ini, ada yg bernasib serupa dgn gw, msti buang impian n kesempatan jauh2 cuma gara2 pmbagian jurusan yg ga adil.. ada yg ngrasa kurang mampu n pelan2 menjauh dr target yg dy idam2kan, ada jg yg ngbuang mimpinya jauh2 gr2 kesulitan ekonomi.. ah, cukuplah yg ngorbanin mimpinya gw seorang. gw ga mau denger lg ada knalan gw yg bilang "gw terpaksa gini gr2 keadaan", "habisnya mo gmana lg?", "kyny gw ga bisa".. cheer up guys, waktu masih ada.. ikuti apa yang kalian inginkan n kalian bisa, gw yakin, klo emang takdirnya, halangan apapun pasti bisa lewat selama impian itu kalian jalani.. yakinlah sm impian kalian.. jangan jadi kaya gw. bsa dbilang, sekarang terkonfirmasi sudah klo gw 70% ga bsa masuk jurusan x ssuai harapan gw kira2 8 taon yg lalu, kcuali ada keajaiban yg mmperbolehkan gw kmbali ke impian lama gw itu.. gw ga bsa ngbayangin ada begitu banyaknya orang2 lain yg ngerasain sakit hati sama persis sperti yg gw alami staon lalu..

dan gw senang, ada 1 tmn bae gw, yg walaupun bbrapa bulan ini ga pernah lg ktmu muka, ga pernah lg telponan, masi inget jelas tujuan awal gw, beda sm org2 lain yg lbih mngharapkan gw masuk ke jurusan yg lbih 'realistis'.. at least, walaupun untuk sbagian besar orang, termasuk gw sndiri, keinginan gw mungkin ga bsa ktolong lagi, gw senang masi ada yg mikir klo gw masih punya harapan..


in the end, if my hand couldn't reach to my dream, well.. i know that it's not my real aim, but i'll try my best to love it as if it's my 1st choice from the very beginning..
perhaps, until now, i could still dream, hope, n pray.

12 comments:

  1. heeeiii kamu bisaaaaa!!!

    untar boleh tuh x, anak ips!!
    hayo hayo!!

    ReplyDelete
  2. TT____________________________________TT

    go on dreaming, there must be still a way,

    YES THERE MUST BE ;____;

    ReplyDelete
  3. aih.. gw tau c, sbnernya pengen.. pengen banget malah.. tp masalahnya adalah: nyokap males n cenderung ga ngijinin gw ngdaftar uni banyak2.. TwT

    dan gw berpikir bwt nabung diam2 demi bli formnya sndiri tanpa ktauan nyokap..haha..

    ReplyDelete
  4. @khuki i'd like to believe it, but somehow, it's like a dead end.. TTwTT

    ReplyDelete
  5. lakukan!!!
    udah tau infonya?kapan tutup?kapan jual form? dll?
    hayo hayo gerak cepat..
    btw mank ui ga boleh yah?
    setau g bukannya bisa??asal lulus tes aj kan?

    ReplyDelete
  6. cia yo chelll..... pasti kau bisa meraihnya!!!!!!!!

    ReplyDelete
  7. @taja kmrn2 ud smpt liat webnya c,ktnya paling cpt usmnya 11 april..

    @novy amin nov..moga2 ksampean d..thx yh..^w^

    ReplyDelete
  8. EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

    yu mau nabung okane???
    ai want to go sell my pics for yu, why not help me to jual ne??? XDDDD

    ReplyDelete
  9. he? khuki.. it's better for u to save the okane for emile than for helping me, grau..
    tp klo ada yg bsa saya bantu, bilang saja~

    ReplyDelete
  10. no, it's okay~
    for emile i'm going to palak my uncle sajah =3=
    kemon lah, i want to helep ne TTuTT

    ReplyDelete
  11. nguik..it's ok lah khuki..nyaa senang khuki mw bantu, tp nyaa ga mw ngrepotin khuki..it's not that hard to get several hundred rupiahs,ne..as long as i can bear my own burden, i don't wanna make others suffer too..TwT

    if khuki wants to sell those pics, i'll help it with pleasure *business grau mode on*.. tp uangny bwt kperluan khuki sndiri.. okay? kyny bakal lbih seru klo dapet ssuatu pake uang sndiri~ ^w^

    ReplyDelete
  12. gue mau buka blog lama gue, bukan di kabel telepon. tapi gua gatau emailnya apa TT______TT
    terus malah nyasar kesini, lu tau ga?
    #yakali

    ReplyDelete