12 March 2010

liturgi membawa celaka

jadi sodara2, baru kmaren pagi saya beserta teman2 mengikuti ujian praktek hari ptama. kelas gw kbagian ujian agama dluan (dmana kelompok agama gw dsuru maju TEPAT di urutan pertama), baru ujian komp.. utk ujian praktek kompny, saya memilih utk tidak membahasnya lagi karena sakit hati *secara kyny 1 angkatan ga ada yg tugasnya kelar sempurna klo ga nyontek*.. karena itu, gw khusus ngbahas apa aj yg terjadi slama gw n kelompok gw ikut ujian agama, yg berupa praktek liturgi paskah ala GKI..

sebelumnya, perlu ditekankan lagi klo saya BENAR-BENAR TIDAK FAMILIAR DENGAN YANG NAMANYA LITURGI. gw dibesarkan (?) di tiberias, gereja yg bnr2 bebas n mngutamakan mujizat dan kuasa kesembuhan, intinya the power of God lah, n ga ada yg namanya liturgi, "syukur kepada Allah", dsb. di tiberias, mana ada haleluya dinyanyiin pake nada naik turun?? blom lg, gw dari esde ud afal mati doa bapa kami, tp wat de piip is pengakuan iman rasuli? bersyukurlah karena dari 9 org anggota kelompok gw, ada syl n wisnu yg aktif di GKI yg rela ngbimbing gw yg dodol ini.. klo ga, gw bnr2 ga tau mw ngapain..

back to the topic, jadi, kt dsuru bkin liturgi, smacem susunan acara bwt kebaktian dlm gereja.. kt ber-9 dsuruh mnampilkan kebaktian paskah yg sempurna. tantangannya adalah, kt dsuru ngehandle bagian yg beda2, n smua ditentukan sm undian pas hari ujian.. di ruang ujian bkl ad 2 org pengawas yg bakal duduk n ngawasin apa yg anda lakukan di depan, termasuk cara brdiri, penampilan, intonasi, ekspresi wajah dan kekuatan suara.. jujur aj, gw ga bsa mmbantu banyak dlm kelompok gw, selain bantu sumbang suara gw yg blakangan jd toa klo kdg2 mreka lupa nada2 lagu tertentu.. pada akhirnya diputuskan, wisnu n ryan main gitar,sisanya pasrah kpada nasib..
hari ujianpun tiba, gw dkk berhimpun di dpan klas 12 sos 1 (= dpan klas sndiri) bwt nunggu dpanggil masuk ke ruang ujian #1. yg jaga 2 org, pak yus n 1 guru wanita tak dikenal. stlah bolak balik dpan lift sambil konsen ngafalin pengakuan iman rasuli, n teriakin yel2 bareng kelompok gw (mau tau bunyinya? "sos satuuuuuuu.. AW!~"..di kel gw kan ad si em em..TwT), akhirnya kt dpanggil masuk.. jadi, di dpan ada meja, di atasny ad karton biru yg dpotong kotak kcil2..di balik krtas itu ada nomer dari 1-8 ato 9,tergantung jumlah anggota.. kt ambil, dapet nomer, n pak yus ngasitau nomer brapa dapet bagian apa.. syukur kepada Tuhan, saya dapet nomer 2: pengakuan dosa dan nyanyian penyesalan.. sayang sekali utk syl yg dapet nomer 6, dia mesti maju dan kotbahin tema yg dy comot sndiri: MASA DEPAN TERBAIK MASIH AKAN DATANG..

prosesi liturgi dimulai. salah. terapi jantung dimulai..
ming2 dapet nomer 1.. pembukaan, nyanyian prosesi, amin 3x, kata pembuka, semua lancar.. kecuali 1. habis votum salam dy lupa minta jemaat duduk. alhasil kt smua msti brdiri sampe kt kelar nyanyiin nyanyiin jemaat.. bayangkan perasaan gw yg mncoba ngasitau ming2 diem2 sambil nyanyi Kristus bangkit soraklah.. hebatnya, ming2 berhasil mmpersilahkan jemaat utk duduk, tepat sblm giliran gw dmulai.. 
giliran gw. nyampe dpan, taroh kertas di atas meja, dan gw menjalankan tugas.. "jemaat sekalian, marilah kt mengakui dosa kt, kt tundukkan kpala, kt berdoa.", dan stlah itu, barulah gw sadar akan kebodohan gw. itu kertas ada di meja, n gw ga bsa liat, sedangkan doanya yg kira2 20 baris lebih yg msti gw bacain itu ada dsana. alhasil, gw berhasil nipu para juri dgn pasang posisi doa sambil nunduk n ngintip krtas liturgi.. masalah belum selesai. gw wajib nanggung malu n enek ngbaca doa yg kalimatnya kelewat puitis dgn nada yg aduhai.. gimana nadanya bayangin sendirilah. masuk nyanyian penyesalan. msti nyanyiin lagu di muka Tuhan Yesus dgn nada super tinggi dan wajah penuh kesedihan. mati gw. sekelarnya dr sana, gw lgsg buru2 duduk n ga mw ngliat muka pak yus yg mungkin kesian liat gw yg ngos2an dgn pita suara kejepit..yah, at least gw bnr2 nyanyiin tuh lagu dgn tampang penuh penyesalan..TwT
sisa kebaktianny luar biasa..walau sbagian ank2 kliatan rada grogi jg, yg pnting teamwork kt baik..buktinya,pak yus pas kasih komentar ke kel kt,ga ngmg apa2 ttg pnampilan kt,dll..smuanya fine..TwT

stlah liturgi selesai dan komp kelar, gwpun pulang ikut jemputan.. stlah ngobrol sm bbrapa ank yg ud liturgi jg, gw sadar klo di kel lain, masalah2 menyangkut kegrogian jg ada.. contohnya sbb:
* ad 1 ank, dy mati2an ngafalin hal2 menyangkut dosa.. dan dy kbagian doa syafaat.. ktika dy sampai di depan, karena sedikit grogi dy berkata, "mari jemaat sekalian, kita bersatu dalam dosa".. pd akhirnya dy berhasil meralat dosa menjadi doa..
* ad 1 ank lain, dy kbagian baca firman.. karena sedikit grogi pula, dy baca ayatnya dgn terburu2.. dan dy berhasil mengubah seekor burung dendang menjadi burung dendeng.. ada jg ank lain yg baca alkitab dgn bgitu terburu2nya sampe ada bbrapa baris yg ke-skip..
* ad 1 ank lain, kbagian baca firman jg.. karena lupa blg kata2 demikianlah sabda Tuhan, dy ngucapin syukur kpada Allah sendirian, diikuti tatapan bingung para jemaat..

apa yg mw gw tunjukkan dr sini adalah, semua orang berpotensi bikin salah, ga ada 1pun org yg bisa tampil bnr2 sempurna.. apapun yg ud klian buat,itulah yg terbaik dan jgn mnyesal.. dan 1 lg, usahakan jgn terlalu grogi pas tampil, bangun kekompakan sm kelompok dan tetap berdoa, karena liturgi dapat membawa celaka..TwT

No comments:

Post a Comment