08 April 2010

menuju 'social dispersion'

utk pertama kalinya dalam hidup gw, gw mensyukuri adanya sesi pelajaran sejarah.

hari ini, d skul ad jadwal khusus. ga sprti biasanya, dmana kt dpaksa mnelan mentah2 tanpa ampun 9 jam plajaran dgn sgala soalnya dari jam stnga 7 pagi sampe jam stngah 3 siang, kali ini kt blajar cm 6 jam pel. ujian praktek ud stngahnya kelar, un ud kelar semua *bahkan prediksi nilai n rata2nya ud kelar dbikin skul*, sisanya tinggal us. ujian sekolah. senin depan. 4 hari lagi.



jadilah kt blajar cm plajaran2 yg bakal kluar pas us snen nanti, dan besoknya kt dkasi libur. *yaay~*
guru bahasa asing masuk. ga ada yg brubah dr model2 plajaran biasa, slain klas gw n sos 2 dgabung sm ipa 4. kelar mandarin, giliran pkn. sensasi mencekam di awal pelajaran. tetep ga beda sm hari2 biasanya..

dan kt istirahat. sama aja, ga ada beda, slain kebetulan yg disengaja (?) dmana gw, seekor khuki dan tikus listrik sm2 k kantin bareng, mencar, n trnyata sm2 bli kentang goreng bwt makan siang..

masuk klas lg, agama. ga bawa cetak, ga bawa alkitab, ga bawa nkb/kj, dkasi soal bwt siap2 ujian agama. mantep..
agama kluar, datanglah sejarah. dbagiin slmbar kertas yg isinya kisi2 bwt us sejarah..
dan setelah itu, sang guru berkata:

 "wah,nggak kerasa ya,hari ini terakhir kalinya kalian blajar di kelas.."
*jger*


barulah gw nyadar, iy jg yh, un ud kelar, tinggal us aja n ini hari terakhir blajar mati2an bwt us.. kelar us sambung sisa2 ujian praktek dan selesailah sudah.. benar. selesai. ga ada ujian2 lg, ga ada ulangan2 lg, ga ada lari mati2an ky dkejer setan biar ga telat masuk klas pas plajaran killer, ga ada lg kabur minjem alkitab k tmen di klas sblah sblom ditengking guru agama, ga ada un, uas, dll.. ya iya lah, semua plajaran uda diujiin, mw blajar apa lg? smua bahan  bwt klas 12 ud klar dibahas. mw blajar lg? tunggulah bahan2 baru pas kuliah. klo gt, ud ga ada lg alasan bwt kt yg uda selesaiin ujian akhir kt, bwt balik lg ke skul. kita kurang kerjaan, kita diusir, dan kita dikasih libur super panjang stlah april 20. guru mandarin impor kitapun tau..

hari terakhir blajar dalam kelas, baru saya rasakan stlah menghabiskan stngah hari di sekolah dalam ketidaktahuan..


yeah, ini hari terakhir gw bareng 12 sos 1, hari terakhir ngrasain gmana rasanya pnya tmn sklas yg luar biasa..  24 tmn sklas super, klo blh dbilang. kapan lg gw bsa sklas sm kenek, driver n tukang ojek skaligus? jarang2 bsa ngliat tukang ojek tidur di pojokan trus diomelin tiap hari sm guru.. ada jg org yg ga lg pidato, presentasi, foto2 ato ngapain aj ekspresinya ga beda dan senyum 'khas'nya juga, ga brubah. uda gw cek sudut lngkungan snyum itu ank slalu sama.. lalu ank turunan aristokrat ahli ekonomi yg siang jd bangsawan, malem jd dj.. burung phoenix yg coba2 terbang pake motor.. ada pokemon, koki super, 'amazing grace', calon istri kduany *heeee??* edward cullen, bencong "aduuuh~", makhluk paling happy, emak2, sampe kmbar siamnya rihanna jg ada..

dan stlah gw pikir2 lg, gw bkan cm pisah sm 12 sos 1. lbih tepatnya, gw ga akan bisa ngrasain lg yg namanya 'feeling ga enak campur sedih campur pasrah di hari terakhir blajar d klas 1/2/3 gara2 toh nantinya masuk klas baru lagi'. ga bakal lg ada pikiran muncul di kpala: "wah,hari terakhir nih..taon dpan sklas sm mreka lg ga yh?foto2 bareng ah~". kali ini, smuanya menyedihkan. kt ga bakal ktmu lg dgn siapapun di dalam kelas yg sama. smua mncar2 ke sgala penjuru dunia, dan entah kapan bsa ngumpul komplit n bcanda sambil ngisengin guru ky skarang ini *ups..*. dan kali ini, ga ada yg namanya kelas baru. udah ga ada kelas2an lg. lu lewatin klas 3, lu lulus sma, n lu kuliah. poof, ilanglah yg namanya hidup belajar dalam kelas, yg uda gw biasain dari kecil dulu, slama 12 thn tanpa jeda.. sayangnya, gw ttp belajar. dan status gw nanti ga diawali huruf S lg, ky 12 taon terakhir ini, tp K. gw bukan lg ank sd, ank smp, ato ank sma. gw ank kuliah..


saking banyaknya gw mikir hari ini, gw menciptakan teori sosiologi baru: social dispersion, penyebaran sosial.. social dispersion, bukan social segregation, apalagi fragmentation.. contoh nyatanya: gw sndiri. gw ada di klas sos 1, bkin komunitas sosial bareng ank2 sos 1 jg.. karena waktu, smua anggota sos 1 misah satu sama lain dgn arah tujuan yg brbeda2.. gw ulang, ini bukan fragmentasi sosial yg cnderung misah n malah jd bertentangan n bermusuhan satu sama lain.. kita lain jalan, tersebar ke segala arah, dpngaruhi sgala macam hal, tp bukan berarti saling 'pisah' n nglupain satu sama lain.. walau ga bakal kmbali ke komunitas semula, dan kmungkinan sangat kcil bsa ngumpul komplit sprti skarang, kt semua bakal ttp satu dlm komunitas klas 12 sos 1 2009-2010.. "sos 1, for a better future".. right everyone?



dan sayangnya, gw ga smpt foto2in keadaan kelas hr ini, sm ky thn lalu. lagi2 gara takut sama guru *oh grau..TwT*. tp masih mnding c, at least yg klas x pnya gw masih ada..
siap2 ninggalin bangku pndidikan wajib.. hmm.. enakan ngapain yh?

6 comments:

  1. kau bikin i pingin cry :(((((((((((((

    ReplyDelete
  2. betul hari ini terakhir sekolah ==
    jadi sedih huhuhu n pengen nangis... :(

    ReplyDelete
  3. ne, i feel like writing a painful story after reading this sobs TTuTT

    soredemo ne,

    dokomademo, itsumademo, anata to minna wa, mada watashi no tomodachi desu~ watashi tachi no kokoro wa, mada issho ni desu yo =)

    ahaha, japanese with alphabets = super lame TTuTT
    and i think it's a total grammatical mess up there =3=

    still, u has made me think even more about what will i be in the future, no need to talk about 10 yrs later, how about next year?

    this uneasiness is somehow very maso laa~

    ReplyDelete
  4. Guh.

    Pika's class didn't even have a single heartfelt moment today. TwT

    ReplyDelete
  5. @gorjes don kraiiii..yu meik mi wanna krai tuuu..TTwTT (broken english)
    bukan berarti kt smua bnr2 misah n ga ktmu lg ko..st saat nanti PASTI ada ksmpatan kt smua ktmu lg..

    @novy iy nih..ga nyangka yh,cpt bgt rasany,ud ujian banyak2 tiba2 diingetin hal2 ky gni..seiring waktu berjalan,semakin berkurang 1 dmi 1 hari kt smua brpencar2..

    @khuki oi2..it's not lame lah,khuki..i get ur point exactly..
    future's a complicated stuff..ready or not, we'll face it anyway..TwT
    but then it's up to us,who will we be in the future..
    note this,khuki..whatever happens,i WON'T forget khuki n all the other pets i know..(?) TTwTT

    @pika hey,pikapi..believe it or not,foto2 hari terakhir kt pas d x5 dulu (plus deco vs deco n teman2 lainnya) masih saya simpan sampai skarang..mau? *w*

    ReplyDelete
  6. Pika still has them 'swell, furry-head. Pika's favourite one is the one of Deco vs Deco's...chair. -w-

    ReplyDelete