13 February 2010

Dee

gw suka sastra. 

entah dr kapan tau, gw sangat suka baca. dr komik, novel, koran, buku ringan ataupun berat (asal ga keberatan) smuanya prnah gw baca.  saking banyaknya buku yg numpuk, gw smpt kpikiran mw bkin mini-library bwt tmpat baca org2 yg pengen nyantai dengan bayaran tentunya. tp itu dulu.. sekarang, berkat kerjaan skolah n tugas2 luar skolah yg mnumpuk, toko buku lokal telah kehilangan salah satu customer terbaiknya sepanjang masa (...).. dan baru2 ini, berhub gw bingung komik gw kbanyakan n ga tau mw dtaroh kmana, gw berniat utk melelang sebagian buku2 n komik gw (yg sbagian uda langka) utk djual.. berminat? hub gw lain kali. gw masi mw nulis dlu.. *gubrak*



jadi, baru td pagi gw beres2in buku2 lama gw, n gw mnemukan buku bersampul hitam, agak tipis, n masi dlm kondisi bagus.. dan judulnya: "filosofi kopi". yg ngarang Dee. bwt yg ga tau, dy itu yg bkin novel supernova.. gw sndiri br baca serinya yg "akar" n "petir" (scara d perpus skul cma ada itu 2).. profil Dee tersedia di gugel ato yahu (err..)..
karya2ny lmayan bagus, tp kyny ga trlalu enak dbaca bwt org2 yg kurang ngerti bahasa2 puitis n berat.. tp asli, dr cerpen, prosa ato novel bkinanny, maknany bnr2 ngena.. TwT

prosanya yg paling gw suka, salah satunya ini:


Salju Gurun (1998)

Di hamparan gurun yang seragam, jangan lagi menjadi butiran pasir. Sekalipun nyaman engkau di tengah impitan sesamamu, tak akan ada yang tahu jika kau melayang hilang.

Di lingkungan gurun yang serba serupa, untuk apa lagi menjadi kaktus. Sekalipun hijau warnamu, engkau tersebar di mana-mana. Tak ada yang menangis rindu jika kau mati layu.

Di lansekap gurun yang mahaluas, lebih baik tidak menjadi oase. Sekalipun rasanya kau sendiri, burung yang tinggi akan melihat kembaranmu di sana-sini.

Di tengah gurun yang tertebak, jadilah salju yang abadi. Embun pagi tak akan kalahkan dinginmu, angin malam akan menggigil ketika melewatimu, oase akan jengah, dan kaktus terperangah. Semua butir pasir akan tahu jika kau pergi, atau sekadar bergerak dua inci.

Dan setiap senti gurun akan terinspirasi karena kau berani beku dalam neraka, kau berani putih meski sendiri, karena kau...berbeda.



itu baru 1. blom karya yg lainny.. mw liat sisanya? beli. ato minjem.
dari karyanya yg di atas, mnurut gw komposisinya bagus, n feelnyapun dapet maksud?. ga kbayang dy bsa bkin tulisan sedalam itu swaktu dy muda.. gw sndiri, kapan? krjaanny cma nulis2 bnda geje mulu.. novel aj baru kelar stngah ud kepending hampir setaon.. ah, mw jadi apa gw.. haha..

ah, andai ada lbih banyak lagi org ky dy, yg milih nulis hal2 positif n motivasional bwt smuanya drpd nulis novel2 kacangan ato hal2 kurang brguna *nunjuk diri sndiri*, kyny dunia sastra indo bakal lbih maju..

4 comments:

  1. kerennn bgd..
    pinjemmmmmm doooonkkk..><
    g dari dulu mau baca dee punya buku, tapi gaq beli"..@@
    katanya keren" bgd..yg plg terkenal kaya supernova ajah g blom bacaa..
    huee icell..pinjemmm..><

    ReplyDelete
  2. sip2..bukuny emg bagus2 c,tar kl smpt gw pinjemin d..^^

    ReplyDelete
  3. g juga suka bikinannya dee kena dan dalem ya,
    it's really ok if we are different to others
    terusin ya hobi sastra nya,

    xoxo

    ReplyDelete
  4. yeah..thx!~
    sng rasany ktmu sesama pcinta sastra..haha..^^

    ReplyDelete