10 September 2010

lebaran, atau idul fitri? pokoknya selamat!


knapa klo liat kata "maap maap", slalu yg keinget malah mukanya bu mul? oh well.. 


just as the title (plus the pic) suggests, happy eid bwt smua yg ngrayain.. ^w^ 

tentunya, gw bukan 1 dr sekian juta org yg ikut ngerayain idul fitri besar2an, scara gw protestan dan bukan muslim. tp konyolnya, gw ada di barisan org2 yg ngantri belanja di mall gr2 diskon khusus lebaran, gw ga pernah absen ngliatin acara im3 jelang fitri yg bagi2in duit bwt penelpon beruntung tiap hari yg sbnrnya mw ga mw juga msti gw liat sambil nungguin kapan mulainya sinetron cinta fitri, dan kalian bs menemukan gw diantara sklompok satpam dan anak2 yg seru main petasan tngah malem di gang dpan rumah gw. yeah. seriously.



dan hari ini juga, dari 10 - 13 september 2010, kira2 3 jam lagi, gw bakal ikutan "mudik" ke jogja walau kampungku bukan jogja. merasakan "aura jakarta" yang hilang di kala lebaran. lebaran tiba, jakarta sepi, dan mengapa gw ga berleha2 di rumah? mungkin alasannya cuma 1: "ah, ga biasa aja klo naik mobil ga ngerasain macet.." *cari mati*


klo dpikir2 lg, sbnrnya aneh ga c klo gw ikut berkoar2 ky gini? 


entah dr kapan tau, dmana2 ud bnr2 marak yg namanya pertarungan (?) antar agama.. rumah ibadah dibakar lah, pembangunan tmpat ibadah dihalang2in lah, lg ibadah diganggu lah, teror bom di tmpat2 khusus lah, umat2 agama tertentu dibantai2 lah, sampe2 yg paling baru, kitab suci jg sampe mw dibakar sgala..

udalah ga usa ditutup2in lagi, ud jd rahasia umum klo entah sejak kapan, kristen n islam ud saling perang, tanpa kejelasan awalnya gmana.. 

yah, mw gmana lg, ngeberesin sengketa ky gini ud susah! 1 dunia ud kburu panas ini.. tp jgn mikir klo 2 agama yg berbeda ga bakalan bs bersatu.. gw kenal buanyaaaak bgt org2 beda agama. mulai dr tetangga, tmn debate di depok, tmn spelling bee, ada juga dosen, polisi, sampe2 tmn terdekat gw skarang ini pas gw kuliah jg, keduanya sama2 muslim.. dan klo mw jujur, tmn2 muslim gw yg gw kenal itu, ga ada satupun yg pernah ngecewain gw dalam bentuk apapun. mereka baik2, sopan, rajin, ga suka ngegosipin orang, pokoknya sikapnya bnr2 patut dicontoh lah.. gw senang bs ktmu sm mreka, knal sm mreka, n bangga bs tau orang2 "berkualitas baik" (?) ky mreka..

dan gw masih ga ngerti, knapa orang2 yg luar biasa seperti mereka, bisa2nya dicap buruk sm kaum tertentu cuma gara2 beda agama

dan lagi2, cuma karena beda agama itulah, yg entah knapa malah nambah masalah n bikin kericuhan dimana2. 

hei, kawan2 yg punya kepercayaan berbeda.. andai pendahulu gw pernah bkin salah sm klian, gw mohon masalah itu jgn diperpanjang lagi.. uda ga valid! buat apa sih permusuhan disimpen lama2 klo ujg2ya cuma nambah bencana? di hari besar kalian ini, gw sebagai perwakilan, atau sebutlah "salah satu dari mereka", ikut mengucapkan maaf sebesar2nya klo kt pernah bkin salah, ato pernah ngelakuin sesuatu yg bkin klian ngrasa ga nyaman.. semua org pasti punya salah, dan bukan maksud kt bwt menyudutkan klian dlm bentuk apapun juga.. n gw harap, diantara klian yg ngbaca tulisan gw ini, ga ada lg yg mikir klo kt ini egois lah, kt mau menang sndiri lah.. ngga. jangan simpen negative thinking klian ttg kt sementara kt disini ga pernah mikir hal serupa ttg klian.. wei, walau beda kpercayaan jg kt ttp sodara, sama2 manusia, sama2 ank indonesia.. n gw bakal lebih senang lg klo kedepannya nanti, ga ada lg perseteruan di antara kita..
  
akar semuanya cuma salah pengertian. klo kt saling memaafkan, jaga toleransi n bangun pengertian, masa depan kita dlm hidup bermasyarakat pasti akan lebih cerah lg..


*lanjut pidato tanpa henti* 
*ngliat jam*
*shock ud jam 1 pagi* 


err..intinya, gw ikut ngucapin selamat utk semua yg merayakan~ selamat berlibur n bersenang2 utk semuanya!!



mungkin klo pake bahasa klian, jadinya begini:

  من العاءدين و الفاءيزين

minal aidin wal faizin, tulisannya bgitu kan? eh2 tunggu2, gw ga bs baca arab nih, bener ga c bgitu? T^T


maafkan sayaaaaa~ 

No comments:

Post a Comment