17 January 2010

seminar oh seminar..


..oke, karena besok ad ul sejarah, sbnrnya ga seharusnya gw malah nulis ini..
tp brhub lg pgn nulis, dan kbtulan ada yg bsa dtulis, ya sudahlah.. ah, apaan coba

jadi, brbeda dgn rutinitas hr mggu gw yg biasanya (bangun-bta-greja-tidur), hari ini gw mnghabiskan kira2 3 jam waktu gw bwt ikut seminar (sehingga mnjadi bangun-seminar-gereja-tidur oh kapan blajarnya.. ). ga smbarang sminar c, seminarnya diselenggarain sm bta group, bertema "It's All About Your Future", di sebuah gdung yg baru tadi pagi kuketahui trletak d sblah gdung dpr *thx 4 d info, frey*, brnama gdung manggala wanabakti.. 



bangun pagi, mandi, nyalain komp, bka fb, bka twitter hell yeah i'm a net freak TwT dan tmn gw si sapi hutan *err* ngajakin gw pgi bareng k seminar bta. barulah saat itu gw syok sndiri krna gw bangun baru jm 9an, seminar jam stnga 12an, undangan gw (plus peta mnuju gdung berbakti yg dcetak dblkgny) ilang entah kmana diikuti dgn kartu absen bta gw.. pkknya kacau, sampai akhirnya atas saran tmn gw yg lain, yg smntara gw sebut 'makhluk mini', gw mmutuskan bwt pake strategi memelas mnta dmasukin k tmpat seminar *klo yg ga bawa undangan ga dibolehin masuk* n pgi ikut mobil bokap sang sapi mnuju tmpat seminar..


stlah jalan bbrapa puluh mnit lamanya (dan hampir nyasar k dlm gdung departemen kehutanan *kampung halaman sapi hutan* ), kt brtiga (gw, sapi, mini. jangan sekali2 kau coba hilangkan tanda komanya.) nyampe d gdungnya.. lobi tmpat seminarnya rame nyesek, n ad banyak meja. slain ada meja2 bwt registrasi ulang yg dbagi2 per tmpat asal btanya, ada jg meja2 yg khusus djadiin stand suvenir, entah itu kaos, gantungan kunci, bku agenda dll.. stlah k wc n regis ulang (dmana tmpat gw regis adlh tmpat paling spesial, d meja resepsionis paling ujung dgn papan khusus brtuliskan "tamu tanpa undangan" *argh*), kt masuk k ruang seminar bareng 1 tmn sekelas btany sapi dan mini.. 

ujung2nya, kt duduk br4. dgn posisi dr kiri k kanan: sapi-gw-tmn mini-mini (paling pojok)..
hal ptama yg paling gw inget slama seminar tadi adlh prcakapan antara gw dan sapi, via ktikan d hape..
bunyinya kira2 bgini:


sapi: om2 di sebelah gw baunya menyengat sekali.. =.=
meong: masa? mw pindah bangku?
sapi: ud pd rame gini mana bisa pindah lagi.. ah, padahal sblm om2 ini duduk, yg duduk dsini tuh co ganteng..
meong: ..ah, andai lu knal *mantan* guru mat gw pas klas xi, pak Si-piip-.. trkenal bgt lih gr2 bauny harum semerbak..
sapi: eh, guru gw jga ada yg namanya Si-piip- loh, dan baunya jg ga kalah mnyengat..
meong: wah2.. ini pelajaran bwt kita.. klo mw namain anak mnding jangan pake unsur2 Si-piip-.. blom lahir ud kualat dluan dikutuk dr surga.. bsa kacau..
*sapi ngakak*
meong: btw ja.. coba dh toel2 si om2 itu, trus tanyain, 'om, om namanya siapa?'.. kali aja namanya jg Si-piip-..
sapi: dasar, lo dah gila yah?
meong: dan om itu brkata, 'my name is BOND. SI-piip- BOND'..
*sblom ktikan gw kelar, kita ngakak bareng. om, om.. sungguh malang nasibmu om.. sapa suruh ikut seminar..*


itu trjadi kira2 10mnit sblom sminar.. seminarnya? biasa aj.. kt gantian ngdngrin prwakilan unpar n ui yg ngasitau sgala hal dr sejarah uni sampe cara daftarnya yang tentu saja percuma karena smua yg pnting2 uda ada di bukletnya.. dan kt smua diam terbengong terpaku tercengo terombang-ambing dan terhuyung2 diantara kata2 dan istilah2 'vokasi', 'tka tkb', 'imb', 'keketatan' *warning,bukan pakaian ketat*, 'snmptn' dll dsb dkk yg berputar2 dalam kepala bagai inferno (lebay).. smua bgitu monoton, smua bgitu ribet, dan semua akan begitu jelas jika anda langsung pulang saat itu juga, nyalain komp dan ketik d web browser anda "www.ui.ac.id"..

well, at least itulah yg mmnuhi kpala gw, sampai kt tiba pd acara seminar akhir, 'siasat mmpersiapkan ujian masuk perguruan tinggi'.. dan inilah yg bsa gw dapet dr pmbicarany yg pnuh siasat:


* siapkan duit anda. biaya pendaftaran uni dijelaskan sbb:
- SIMAK UI = 200.000 ++
- USM - ITB = 850.000
- SMUP = 350.000
- UMB = 150.000 - 200.000
- SeNaMPTN *err* = 200.000 - 250.000


* penempatan siswa dilihat dr nilai perolehan & kelompok ujian


* strategi umum:
1. pahami waktu & tata cara pndaftaran online, isi form, dll
(keterangan tbhn: JANGAN biarkan ortu anda mngisi online form sndirian. dimohon, JANGAN..)
2. isi form dgn baik dan benar
3. persiapkan biaya ujian dan pndaftaran
4. sebelum ujian, ketahui dgn baik lokasi ujian
(keterangan tbhn: klo anda di jakarta dan mw tes di jayapura, silahkan)
5. pakaian sopan dan rapi
6. tidak trlambat
7. peralatan lengkap
(keterangan tbhn: bawalah pensil, pnghapus, kerikan lebih. pensil bsa diserut d kdua ujungnya n dpatahin klo mau. sangat bagus bwt komersil)
8. mulailah dngan doa
9. perlakukan LJK dgn benar
(keterangan tbhn: kasi makan, mandiin, sisir.. wateperlah yg layak)
10. menguasai materi
11. pahami sistem penilaian


* strategi khusus
1. isi identitas di LJK scara lengkap
2. posisi duduk serileks mungkin
(keterangan tbhn: mw ngangkang kek, mw ky d warteg kek, terserah! yg pnting rileks, sehingga pensil dapat dicopot dr tangan dngan mudah stlah ujian)
3. hitamkan jawaban sehitam mungkin n ga lewat dr batas
4. kerjakan soal urut nomer. yg dpt djawab SEGERA dijawab, yg susah TINGGALKAN..
(keterangan tbhn: jangan ketipu siasat 'kerjain yg gampang dulu,baru yg susah'. masalahnya adalah, utk mngetahui mana yg gampang dan mana yg susah, anda wajib baca smuanya dlu n labelin 'susah' n 'tidak' trlbih dahulu, baru bisa dkerjain)
5. perhatikan manajemen waktu
6. perhatikan cara hapus jawaban yg bebar agar LJK tidak rusak
(keterangan tbhn: klo ga ad pnghapus, ada saran dr senior2 kt yg ud pernah ikut tes masuk uni sblmnya. pakailah: pnghapus flamingo, karet gelang, keringat, iler)
7. jangan isi jawaban di nomer jawaban yg ga sesuai


..demikian laporan gw dr 3 jam seminar yg gw ikuti bersama sapi dan kawan2. pulang2 sakit perut, keujanan, basah, becek n so on.. 



..oh iya yh.. besok ulangan sejarah..
*nangis*

2 comments:

  1. heiii..
    apa itu sapi hutaaannn??><
    saya sapi ladangg,,

    ReplyDelete
  2. tidak..saya sangat yakin anda adalah spesies sapi hutan..
    buktinya? anda mmbawa kami nyasar ke departemen kehutanan, bukan departemen keladangan..ahahahaha..

    *ngaco mode on*

    ReplyDelete