30 November 2009

my days in karwis xii sos ~day 1~


well, this is the story of my 3 days adventure in xii social class' study tour 2009..


jam 4 pagi, alarm hape berbunyi dan gw masih dlm keadaan seperempat sadar dngan tangan pnuh bentol2 bekas gigitan nyamuk. "pduli amet gatel2, biarkan nyamuk2 makan dgn tnang", kata2 ajaib itulah yg muncul d kpala gw, yg kmudian mmbuat gw yakin utk balik lg k alam mimpi. alhasil gw bangun 20 mnit kmudian, diomelin nyokap pagi2 buta, jatoh kpleset d tangga, mandi makan ngebut gara2 takut ditinggal jemputan. oh so sweet.


yep, intinya, ank2 klas xii ipa n ips SMAK 1 Penabur Jakarta mngadakan acara karyawisata yg tanggalny serempak. sama2 dr tgl 24 sampe 26 nov 2009.. sayangny, karwis ipa n ips ga digabung. ank2 ipa msti berbosan2 ria k pabrik batre abc, museum ikan tawar n so on, sdangkan ank sos pgi k bandung ngunjungin FO, ngunjungin pabrik (?) angklung, n main2 sbagai tamu kehormatan (or so i think) k istana presiden d cipanas n bogor. salah satu alasan mngapa gw blakangan respect ma satijan yg oh-amat-sangat-baik sekali kpada ank2 sos, stlah 2thn dibawah kekaisaran bu duma yg seakan2 merendahkan kt.. bah..


..oh yeah.. 1 lg.. jadi, ank ipa dipulangkan ke rumah d hari ptama n baru nginep d puncak pas hari k2.. dan ank sos dkasi nginep 2 malam d puncak tanpa harus dbalikin k rumah.. jadi? budget sos memadai. artinya? ank2 sos AKHIRNYA disayang.. oh yeah~  *w*

*no offense c, bukanny gw anti ank ipa ato sbagainy.. toh sbagian besar tmn2 bae gw plus co gw sndiri ank ipa..haha..*


ehm.. balik k topik awal. jadi, stlah makan buru2 n keselek nasi 4 kali (sialsialsial), ko po2 dtg mnjemput kira2 jm 4.53.. ga sprti biasany mobil jmputan rame sesak, kali ini isinya cm c doddy, tidur d bangku tngah, mulut mangap dgn kpala mnengadah ke atas.. mobilpun jalan n prgi k arah rumah ardisa. mobil tiba d rumah disa jam 5.03, n dari sana lgsg brangkat k smukie.. dlm perjalanan, kpala doddy smpt sukses mnghadiahkan sebuah benturan keras k kaca mobil kira2 5 mnit sblm nyampe rumah disa. 1 mobil kaget. dalam pikiran gw: "udalah ko.. tnang.. biarin aj kpalany kejedok, kacanya bunyi, pecah skalian jg gapapa.. sukur2 c doddy ga ngorok.."..

5.20. sampai di lobby smukie, n lom banyak yg dtg. satu2nya (atau dua2nya?) yg bsa gw ajak ngmg dsana cm ricky noviyandi n danny sudirgo.. stlah nunggu n akhirny brtemu tman2 lain, akhirny jam 6.07 kt masuk bus n berangkat jam 6.31 (ank2 sos berangkat stnga jam lbi cpt dr ank ipa).. perlu diingat bahwa 4 klas sos dibagi dlm 2 bus, bus 1 yg isinya xii sos 1 n 4 dgn supir bernama ujang, n bus 2 yg isinya xii sos 2 n 3 dgn supir bernama roni. kedua supir bus tersebut terbukti saling berinteraksi dan bersimbiosis mutualisme membentuk suatu satuan berinisial SMD, atau lbih lgkapny "Supir Maho Duo", yg interaksinya bakal gw perinci d pnjelasan hari kdua..


*oke, yg SMD gw buat sndiri, tp hubungan 'spesial' ujang-roni itu sumpah bneran ada..xp*


kehidupan gw n JS 3 hari d bus 1 termasuk luar biasa. 1.kt duduk tepat di blakang guru2, 2.samping kt jg guru, 3.guru2ny hobi ngajak ngomong.. gw n JS duduk bdua d sisi kiri bus. dpan gw bu YB, kanan gw JS, dpan JS bu KM n kanan JS pak AG.. sungguh indah dan mengundang tatapan iri, bangku tmpat duduk kt dianggap keramat n diagung2kan siswa2 sebus yg lain sampe2 ga ad yg mw gantiin kt duduk dsana klo kt tlat masuk bus.





overall, duduk tepat d blakang guru2, sperti kata JS, mmbawa banyak manfaat, salah satunya mmbantu kt ikut mnguping obrolan guru2.. dan dmikian percakapan2 yg gw ingat dlm perjalanan itu:
1. bu KM, YB n LE ngomongin ank2 ipa yg ngotot nginep d hotel grand tropic sblah smukie malam itu karena mnolak dipulangkan ke rumah
2. bus 2 tlat nyusul bus 1 karena ank2 pd beser, dan komentar bu YB: "asiiiik..ngebuuuutt~"
3. masih seputar bus 2 telat, bu KM berkomentar: "bus 2 telat tuh gara2 ada ucupnya.."
4. spanjang perjalanan, bu YB bosan. terdorong oleh pemandangan hijau spanjang jalan tol n keadaan ga tau mw ngapain, alhasil ia menyanyikan lagu hut metro tv yg ke9: "ciiiiinta negrikuuuu.. o-o-o-o.."
5. celetukan pak AG: "jadi, barang2 di bandung itu banyak yg murah.. soalnya ada tmpat namanya sukajadi.. klo suka barangnya, y jadi2in beli aja.."
6. bu AU ke pak AG: "wah, jadi guru mat itu susah.. mesti berani (?).. nah,guru geografi juga susah.. bla3.. jadi banyak anak2 yg ngga lulus.."




jam 10.00 kt sampai di bandung, di pabrik sepatu tomkins.. aslinya ini molor 1 jam dari rncana, tp masi diijinin masuk.. ujg2ny kt ngiterin pabrik yg panas, liat ratusan org ngelem spatu dll, n nyatet manajemenny.. di ujung tur, diberitahukan klo pabrik sepatuny ngadain diskon, tp tampakny ank2 lbi tertarik ngbli es d koperasi pabrik.. dan d sana tjadi fenomena luar biasa, dimana nangka mnjadi jagung dan strawberry mnjadi kopyor.. kterangan lbih lanjut tanyalah inez..
jam 12.00, kt ke museum geologi. banyak yg menarik bwt dilihat, dari fosil t-rex, telor dino, alat makan pasukan pendaki gunung, yediva mncium manekin peraga baju penggalian. stlah nyatet n foto2, kt balik k bus mnerjang hujan n berangkat k mang udjo, sanggar angklung yg pendiriny uda mninggal. dsana ad toko suvenir, sanggar alat musik tradisional n tmpat pmbuatan angklung.. katany c, bkin angklung itu msti pk bambu pilihan, n yg nyusun nadanya jg msti org pilihan.. y dipilih2lah pokokny.. ujg2ny kt ikt blajar main angklung rame2 n nonton show harian mreka jam 4 sore barengan sm turis2 eropa yg kbtulan lg main ksana.. ktny c, yg perform itu thn dpan bkl main d dpan unesco bwt promosiin angklung n indonesia.. mantep2..
kluar dr mang udjo jam 17.28, kt berangkat ke jalan riau bwt makan malam. jadi, guru2 pd ngasi duit 20.000 per siswa, n siswa2 dilepas d jalan riau bwt cari makan sndiri2.. gw, inez, JS, verina, CT, CD bersama alex sang ahong (= anak hongkong) n danny makan bareng d resto riung sari, dmana danny n ahong dpaksa ngabisin makanan2 yg ga abis kt konsumsi.. 8 org makan bersama abisin duit 200k lbih.. seabis makan (n smpt kejedok batang pohon di tepi jalan), inez ngajak bli klappertaart, tp tokony msti toko "Amsterdam", ga mw yg lain.. stlah mndapati fakta klo toko "Amsterdam" berganti nama jd "Den Haag" (err..), ujg2ny gw n inez masing2 bli 2 bwt dimakan d hotel (yg ujg2ny malah gw makan di bus krna takut ga dingin lg)..




19.30, balik k bus n berangkat ke pondok remaja pgi bwt istirahat. ada kejadian2 lg seputar kt dan guru, sbb:
1. gw kewalahan makan klappertaart, n cuma kemakan 1. bu YB dpan gw nanya, "itu apaan?" n gw jelasin panjang lebar.. gw mw kasi yg 1 lg k bu YB krna ga kuat makan, tp dy ga mau.. dan kmudian apa yg tjadi? bu YB ngbeli kue itu dr gw.. yaay~
2. dan bu YB bilang: "yah.. batal diet deh.."
3. masih seputar klappertaart, komentar pak AG: "klappertaart itu bikinan belanda.. isinya buah kelapa.. dulu, orang belanda ga bisa ngomong 'kelapa', tapi jadinya 'kelaper', nah jadilah kue kelapa namanya klappertaart.."
4. dan bu LE (klo ga salah) mngungkapkan teorinya yg lain, dmana asal nama klappertaart adalah "kue utk orang laper"..
5. pembagian kamar, didikte bu AU. 1 bus trtawa terbahak2 ktika benny n ajun yg 'kutilang' bnr2 dapet kamar tipe kutilang.. yah, gw c d cendrawasih.. haha..




jam 23.00 barulah kt nyampe d pondok remaja pgi.. gw sekamar sm inez, CT n JS d cendrawasih 5.. rncanany c malam itu pd mw main kartu (yg tntunya ilegal mnurut tatib karwis), tp berhub pd tewas smua, plus ada aturan jam tidur (dmana gw bsa mndengar dngan JELAS bu KM nggedor2 pintu kamar ank2 yg dicurigai n teriak2 "ayo anak2.. sudah jam malam.. TIDUR!!" dan sbagainya), jadilah kt tdr kira2 jm 23.50an..

No comments:

Post a Comment